Loading...
overlay
"Sombong adalah menolak kebenaran dan meremehkan orang lain "

- HR. Muslim -

Simak alasan mengapa harus mempunyai website

Sebelum kita bahas lebih lanjut pernahkah anda bayangkan potensi dari penggunaan internet? atau yang terlintas adalah karna hanya untuk iseng aja?ahahhah,, berati pemikiran kita sama :D.... tapi setelah berkutat di dunia internet cukup lama dan sekarang sudah bermunculan pengusaha2 di dunia internet begitu banyak,,,, saya mulai nyesel, "kok nda dari dulu aja sih saya sadar akan hal ini.". Seperti yang sudah kita semua tahu, bagaimana perkembangan internet dari tahun ke tahun semakin cepat apalagi didukung dengan mudahnya akses mendapaatkanya.... nda seperti dulu, klo maw pake internet musti nyari2 warnet itupun masih agak mahal dan nda smua daerah ada warnet. sekarang hampir setiap jalan, gang, rumah, bahkan setiap genggaman seseorang bisa dapet akses internet.. yupz... perangkat mobile sejuta umat alias Handphone. bisa dibayangkan klo setiap jempol mengakses internet, dan kita manfaatkan trafik tersebut untuk usaha??masih blom yakin internet bisa meningkatkan usaha? kita cek dulu data-data pengguna internet berikut :

sumber https://apjii.or.idsumber https://apjii.or.id

Gambar pertama diatas adalah grafik penetrasi pengguna Internet di indonesia pada tahun 2014. Kita bisa lihat bagaimana kecepatan trafiknya, gmna sekarang coba... berapa banyak pertumbuhannya. Dan yang kedua frekuensi penggunaan internet tahun 2014, Artinya 84% setiap hari online menggunakan berbagai macam device. berdasarkan website kominfo, pengguna internet indonesia nomor 6 di dunia pada tahun 2017. Sungguh itu merupakan potensi yang sangat besar untuk bisnis kita... berikut beberapa contoh alasan-alasan kita mempunyai website:

 

1. Memudahkan pengguna mendapatkan informasi

Informasi yang dimaksud bisa bermacam - macam tergantung apa usaha yang kita jalankan. Bisa berupa produk seperti Baju, Handphone, Makanan, ataupun jasa seperti kontraktor, konsultan, travel dll. Infromasi  tentang produk atau jasa kita bisa diakses selama 24 jam tanpa perlu sales yang standby. Semakin banyak informasi yang kita berikan, semakin tertarik pula konsumen dengan produk/jasa kita tentunya berbanding lurus dengan omset yang bakal kita dapatkan.

2. Memperkecil biaya pengeluaran usaha

Mempunyai website itu seperti mempunya toko ataw kios yang buka 24 jam, bayangkan kalau kita buka toko biasa selama itu. Berapa biaya yang akan kita keluarkan untuk gaji karyawan, listrik dll. Bagi kita yang pernah promosi lewat brosur, majalah, koran bahkan tv swasta, pasti tau berapa biaya yang perlu kita keluarkan untuk itu. dengan adanya website pastinya bisa memangkas biaya tersebut, cek harga membuat website disini.

3. Meningkatkan kepercayaan konsumen

Dengan memiliki website konsumen akan yakin kalau usaha kita terpercaya dan profesional. Apalagi kalau kita memberikan beberapa artikel, tips ataupun layanan khusus di website kita. Konsumen akan merasa dimanjakan tanpa perlu mereka mendatangi toko atau kantor kita.

4. Target pasar yang sangat luas

Coba kita bandingkan berapa banyak target pasar untuk toko, paling banyak hanya sekitar kota tersebut. Tapi dengan adanya website, cakupan target pasar kita sangatlah luas karna website bisa diakses dimana saja. Luar kota, luar pulau, bahkan website kita bisa diakses oleh masyarakat dunia. siap2 saja kebanjiran order ehehehehe..

5. Mudah Diperkenalkan

Kita tidak perlu menyewa expert untuk memperkenalkan website kita, bahkan teman dan sodara bisa kita mintai tolong untuk memperkenalkan website, cukup diajak ngopi bareng atau sebatang rokok :D. yupz, kita minta mereka endorse website kita di akun sosmed mereka, facebook, instagram, twitter, dan atau broadcast lewat pesan Whatsapp dan BBM.

6. Dapat menghemat waktu

Bayangkan saat kita harus menawarkan dan memperkenalkan produk/jasa, kemudian melayani pemesanan. Dengan adanya website kita tinggal klik orderan pelanggan dan kirim secepatnya. Pelanggan senang kitapun riang, :D

7. Menambah relasi baru

Dikarenakan website bisa diakses oleh siapapun, tidak menutup kemungkinan website kita diakses oleh relasi bisnis yang cocok dengan kita. Misalkan usaha kita di bidang jasa ekspedisi seperti J*E dll. Website kita diakses oleh salah satu perusahaan penjualan baju, dan tertarik untuk menggunakan jasa kita. Akhirnya kita bisa melakukan kerja sama dengan perusahaan tersebut.

Point-point diatas hanya sebagian dari sekian banyak informasi lainya.... coba aja cek di mbah google, bertebaran informasi yang bisa kita dapat. Trus siapa aja yang sudah sukses usaha menggunakan website? nda usah jauh2, kita bisa dengan mudah mengetahuinya hanya di indonesia;

  • Tokopedia
  • Lazada
  • Kaskus
  • Traveloka
  • Zalora dll.

Masih ragu untuk mempunyai website? kapan lagi?jangan sampai kompetitor anda mulai duluan, :D