Loading...
overlay
"Jangan melihat masa lalu dengan penyesalan, jangan pula melihat masa depan dengan ketakutan, tapi lihatlah sekitarmu dengan penuh kesadaran "

- James Thurber -

Meningkatkan Omset Angkutan umum

Assalamualaikum....

Perkembangan akan kebutuhan transportasi semakin terasa dikarenakan mobilitas masyarakat yang semakin tinggi, bahkan persaingan antar pengusaha jasa transportasi juga semakin kentara. Cara demi cara mereka lakukan untuk menarik penumpang menggunakan jasa mereka,,, misalnya salah satu jasa angkutan online. Berbagai macam promo mulai diberlakukan, seperti harga murah, layanan antar jemput dll. Lalu bagaimana cara agar pengusaha angkutan umum lokal bisa bersaing dengan perusahaan2 besar tersebut. Berikut beberapa contoh yang bisa dilakukan untuk meningkatkan omset, baik langsung ataupun tidak langsung.

Melakukan Branding iklan pada angkutan umum.

Sebagaimana kita tahu,  angkutan umum memiliki space yang cukup baik untuk dipasang iklan.... Pengusaha2 local bisa bekerja sama dengan beberapa perusahaan lain untuk memasarkan produk mereka di badan mobil angkutan umum. Kesepakatan pembayaran tergantung masing2 pengusaha... bisa pertahun atau perbulan,,,,

(sumber foto* http://www.reklamebillboard.com)

Wifi gratis bagi penumpang angkutan.

Internet sudah menjadi kebutuhan pokok masyarakat, hampir setiap orang tidak pernah merasakan kuota kosong, mereka akan langsung mengisi kembali saat kuota habis.... harusnya kebutuhan itu anda manfaatkan untuk menarik penumpang menggunakan jasa angkutan umum. dengan mengeluarkan sekitar Rp. 100.000,-, sudah sangat bermanfaat, penumpang akan betah berlama-lama berada di angkutan walaupun ngetem cukup lama (*hanya berlaku buat yang tidak buru2), apalagi klo pas mereka maen Mobile Legend :D. Jangan pernah takut mengeluarkan modal untuk kenyamanan penumpang. Ibarat kata Abegeh "klo udah nyaman mah nda maw pindah ke lain hati".

 

LED screen atau Mobile Videotron.

Bagi sebagian kita yang pernah menggunakan jasa Commuterline di ibukota jakarta. Pasti tidak asing lagi dengan Videotron, setiap menitnya selalu menampilkan berbagai informasi menarik ataupun iklan komersial. Dengan begitu penumpang tidak akan jenuh berlama-lama duduk di angkutan. Bahkan anda bisa mendapatkan penghasilan apabila anda menampilkan iklan di display tersebut.

 

 

 

Memasang kulkas kecil di angkutan.

Lhah? apa hubunganya kulkas sama angkutan umum?... yha ada, kita kan bisa menjual berbagai macam minuman ringan. selain dapet ongkos angkutan dapat juga tuwh penghasilan dari jualan minuman... menjual minuman ringan itu simple dan mudah. Manusia lebih tahan lapar dari pada menahan haus, manfaatkan kebutuhan itu untuk menunjang usaha anda. Apalagi di bulan puasa (*menyediakan di jam2 sebelum buka puasa), penumpang yang belum sempat sampai ke rumah dipastikan membeli minuman disitu :D.

 

 

 

 

 

 

 

Pelayanan yang prima dan Ikhlas.

Nah, ini yang paling penting. Tanpa pelayanan yang baik, seberapa banyak fasilitas2 yang ada tidak akan pernah berhasil. Penumpang akan senang jika Sopir melayani dengan sepenuh hati. Beberapa metode pelayanan umum yang biasa dianjurkan misalnya;

  • Salam, tegur sapa
  • Senyum
  • Ramah

Dan tentunya harus patuhi peraturan lalu lintas yang ada.

 

 

Terima kasih sudah capek2 membaca artikel ini.... itu beberapa usulan2 yang semoga bisa bermanfaat.